Air Fryer adalah Teman Terbaik untuk Diet Anda

Mungkin dahi Anda sedikit berkerut ketika membaca judul artikel ini. Apa itu air fryer? Dan, bagaimana air fryer bisa menjadi teman terbaik saat diet? Seperti gabungan kata pada namanya, air yang berarti udara dan fryer yang berarti penggoreng, alat dapur yang satu ini adalah alat goreng tanpa minyak. Air fryer mengandalkan udara panas yang mampu menciptakan efek seperti menggoreng makanan.

Karena tidak menggunakan minyak untuk menggoreng, alat masak ini dapat menghasilkan makanan yang lebih sehat dibandingkan bahan makanan yang digoreng dengan banyak minyak (deep frying). Seorang ahli diet bahkan mengatakan bahwa seseorang dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan hingga 70 sampai 80 persen dengan menggunakan alat ini. Dengan begitu, memasak makanan dengan air fryer dapat membantu Anda yang gemar menyantap makanan yang digoreng, tapi tidak ingin berat badan bertambah.

Bagaimana Cara Kerja Air Fryer?

peralatan masak sirkulasi udara panas

Cara kerja alat masak ini mirip dengan oven untuk memanggang makanan. Bahkan, bisa dibilang air fryer adalah oven kecil yang bisa diletakkan di meja dapur. Alih-alih mencelupkan makanan ke dalam genangan minyak, Anda hanya perlu memasukkan bahan makanan itu ke wadah di dalam alat ini yang bisa dilepas-lepas. Lalu, apa bedanya air fryer dengan oven? Pada air fryer, udara panas yang bersirkulasi dengan cepat di sekitar makanan menimbulkan lapisan tipis yang garing dan mampu menciptakan rasa renyah di bagian luar makanan, sementara bagian dalamnya tetap lembut.

Efek garing dan renyah itulah yang membedakan antara memasak dengan air fryer dan dengan oven. Secara tampilan pun, makanan yang diolah dengan air fryer tampak cokelat keemasan, seperti makanan yang digoreng garing dengan minyak. Jadi, untuk Anda yang suka gorengan tapi tidak mau dihinggapi rasa bersalah karena menyantap makanan yang tidak sehat, air fryer dapat menjadi solusinya.

Meski teknik memasaknya hampir sama, air fryer tidak dapat sepenuhnya menggantikan oven karena alat ini tidak cocok digunakan untuk mengolah bahan yang perlu dilumuri mentega atau bumbu marinasi yang kental. Untuk resep-resep seperti itu, oven adalah pilihan yang lebih tepat.

Makanan Apa Saja Yang Bisa Dimasak Dengan Air Fryer?

Pada prinsipnya, bahan makanan apa pun yang biasa digoreng, seperti kentang, ayam, ikan, dan daging bisa diolah dengan air fryer. Bahan makanan Anda hanya harus diletakkan di wadah tempat proses memasak. Biasanya, di bagian bawahnya terdapat penampung tetesan. Untuk hasil terbaik, berikan bumbu-bumbu pada makanan Anda ditambah sedikit saja minyak goreng untuk menambahkan lapisan renyah. Anda juga dapat memilih minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari.

Air fryer akan sangat berguna jika Anda memiliki anggota keluarga yang sering pilih-pilih makanan dan tidak suka makan sayur. Tidak bisa dipungkiri, menggoreng makanan dapat memberikan rasa gurih pada masakan yang dihasilkan, termasuk pada sayuran. Air fryer adalah alat yang tepat untuk membantu Anda membuat beberapa jenis sayuran menjadi lebih enak dan renyah, tanpa perlu benar-benar menggoreng. Untuk kudapan, misalnya, Anda bisa membuat gorengan ubi yang gurih dan renyah cukup dengan menambahkan bubuk bawang, lada, dan garam saja. Praktis, bukan?

Selain itu, air fryer dapat menjadi pengganti oven untuk memanaskan makanan sisa semalam yang telah dipanggang atau digoreng. Udara panas dalam air fryer mampu mengembalikan kerenyahan kentang goreng atau chicken nugget yang sudah menjadi sedikit lembek karena disimpan di dalam kulkas. Roti isi, potongan ayam goreng, atau hotdog yang tidak habis dimakan pun dapat dipanaskan kembali dengan metode yang sama.

Mengapa Memasak Dengan Air Fryer Membuat Makanan Menjadi Lebih Sehat?

alpukat yang dibungkus dengan bacon

Memasak makanan dengan air fryer hanya membutuhkan sedikit sekali minyak untuk menghasilkan rasa dan tekstur yang sama dengan makanan yang digoreng dengan minyak banyak. Karena itu, kandungan lemak dan kalorinya pun lebih rendah sehingga menjadi lebih sehat. Sebuah studi di Spanyol menunjukkan bahwa risiko terjadinya obesitas akan lebih tinggi pada penduduk yang lebih sering menggoreng makanan yang dikonsumsinya.

Menggoreng makanan dengan suhu tinggi juga dapat menciptakan senyawa berbahaya yang disebut akrilamida. Senyawa ini disebut-sebut dapat menyebabkan terbentuknya kanker. Penggunaan air fryer dapat mengurangi terbentuknya senyawa akrilamida secara drastis. Tetapi perlu Anda ingat, teknik memasak seperti memanggang dengan oven, mengukus, atau merebus tetap lebih baik daripada pemakaian suhu tinggi pada air fryer.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Air Fryer?

Di pasaran, air fryer tersedia dalam berbagai pilihan merek, model, dan harga. Tetapi secara keseluruhan, alat masak ini tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan peralatan dapur lain yang konvensional. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda benar-benar perlu membelinya. Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan:

Kelebihan:

  • air fryer memiliki pengatur suhu dan waktu sehingga Anda dapat sepenuhnya mengontrol proses memasak
  • multi fungsi, karena beberapa model memiliki fitur yang memberi opsi lain dalam memasak, seperti memanggang kue atau mengukus ikan
  • Anda dapat membuat makanan yang lebih sehat dengan rasa yang tetap lezat
  • efisien, karena udara panas yang diperlukan dalam proses “menggoreng” tetap terjaga di dalam alat ini dan menyebar merata. Waktu memasak menjadi relatif lebih cepat dan energi listrik yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit.
  • penggunaannya cukup mudah sehingga anak-anak pun dapat diajari membuat kudapan mereka sendiri
  • dapur Anda akan terbebas dari cipratan minyak dan lemak akibat proses menggoreng dengan penggorengan biasa yang terbuka

Kekurangan:

  • beberapa merek air fryer tidak tahan lama karena komponen metal dan plastik yang digunakan kurang tinggi kualitasnya. Pastikan Anda memilih merek yang terpercaya
  • kapasitasnya kurang memadai untuk memasak dalam jumlah besar sekaligus , apalagi air fryer akan bekerja lebih baik jika hanya ada satu lapis makanan di dalam wadahnya
  • beberapa resep makanan yang lebih kompleks membutuhkan waktu untuk mempelajari pengaturan suhu dan lamanya proses dalam menggoreng atau memanggang
  • Anda perlu menunggu alat ini dingin terlebih dahulu sebelum membersihkan atau menyimpannya
  • air fryer menghasilkan panas yang sangat tinggi dengan cepat sehingga makanan menjadi mudah gosong. Anda perlu berhati-hati dengan gosong-gosong hitam pada makanan karena dapat bersifat karsinogen

Jadi, apakah air fryer layak untuk dibeli? Tergantung. Jika selama ini Anda atau keluarga Anda suka menggoreng makanan untuk konsumsi sehari-hari, air fryer adalah pilihan yang tepat untuk memperoleh makanan dengan kelezatan yang sama, tetapi lebih sehat. Namun, jika yang Anda cari adalah alat masak praktis untuk menyediakan makanan bagi keluarga besar Anda, air fryer tidak akan banyak membantu karena kapasitasnya yang relatif kecil. Kecuali jika Anda hanya ingin menambahkan satu jenis makanan disamping hidangan utama yang dimasak dengan cara lainnya.

Selain itu, jangan sampai Anda memilih air fryer yang salah. Di luar sana tersedia berbagai pilihan air fryer dengan kemampuan yang berbeda-beda. Pastikan Anda memilih yang bermutu baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Sumber Daya Tambahan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

BestSpy Indonesia

Arthaloka Building, 16th Floor Kav.2

Jl. Jend. Sudirman, RT.10/RW.11

Karet Tengsin, Tanah abang

Kota Jakarta Pusat Jakarta 10220

Indonesia