Ingin Tahu Cara Kerja Microwave? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Pengertian oven microwave atau yang dikenal dengan oven gelombang mikro merupakan sebuah peralatan dapur yang menggunakan listrik dan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Fungsi microwave oven dapat memasak berbagai makanan baik itu untuk menumis, merebus, memanggang, dan bahkan menggoreng.

Memasak menjadi lebih cepat dan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan microwave oven, hal ini dikarenakan microwave oven memiliki berbagai elemen canggih seperti magnetron yang bertugas untuk mengubah energi listrik menjadi radiasi gelombang mikro. Di samping itu, microwave oven juga memiliki waveguide yang berfungsi untuk mengarahkan gelombang mikro yang dibuat dari bahan konduktor, serta microwave Stirrer, berbentuk baling-baling yang berfungsi untuk menyebarkan gelombang mikro di dalamnya.

Prinsip kerja microwave adalah memancarkan radiasi gelombang mikro untuk membuat makanan menjadi panas dan matang. Besarnya gelombang alat yang dimiliki hampir di setiap rumah ini memiliki frekuensi sebesar 2500hz. Dengan gelombang ini, kemudian dipancarkan pada berbagai kandungan yang ada di dalam makanan, baik itu berupa air, lemak, maupun gula, yang memacu molekul-molekul tersebut untuk saling bertumbukan dan diserap sehingga menjadi panas. Hasilnya, makanan menjadi lebih cepat matang. Microwave adalah alat yang membantu Anda untuk memasak makanan menjadi lebih cepat dan sempurna.

ada beberapa langkah cara kerja microwave oven. Yang pertama adalah di setiap microwave memiliki arus bolak balik satu dengan beda potensial rendah dan adanya arus searah dengan beda potensial tinggi ini kemudian diubah menjadi satu arah. Kemudian gelombang mikro yang diambil dari frekuensi megatron diarahkan ke antena di atas megatron ke dalam waveguide. Selanjutnya waveguide meneruskan frekuensi yang didapat pada sebuah kipas yang berada di microwave stirrer. Hingga akhirnya alat tersebut menyebarkan gelombang mikro di dalam ruang oven secara merata dan dipantulkan oleh dinding dalam oven dan diserap oleh molekul makanan, baik itu dalam bentuk molekul air, lemak, gula dan molekul lainnya. Intinya, di setiap microwave terdapat magnetron yang berfungsi untuk menghasilkan gelombang mikro, selanjutnya ditransmisikan oleh waveguide hingga akhirnya dipantulkan ke dalam microwave stirrer.

Fitur Umum Dari Oven Microwave

Cara kerja microwave selanjutnya dapat dilihat dari fitur-fitur yang dapat digunakan dalam suatu microwave. Ada banyak sekali fitur yang tersedia dalam microwave berdasarkan cara memasak yang ingin dilakukan, baik itu merebus, memanggang, menggoreng, menumis, atau memanaskan makanan. Penjelasan lebih lengkap fitur microwave adalah:

1. Bisa merebus

Untuk merebus, microwave dapat melakukannya dengan berbagai bahan makanan, baik itu merebus telur, sayur, mie instan, dan ubi-ubian. Molekul air dapat dengan cepat memanaskan rebusan dan dapat merebus berbagai bahan makanan dengan cepat tanpa perlu menggunakan air yang banyak.

2. Bisa memanggang

muffin panggang

Memanggang juga menjadi hal yang dapat dilakukan dengan microwave. Cara kerja microwave dengan memanggang dapat dilakukan layaknya dengan menggunakan panggangan konvensional. Kelebihan memasak dengan memanggang di microwave adalah bahwa Anda tidak perlu repot-repot untuk membersihkan peralatan memasak anda. Anda dapat memanggang berbagai jenis makanan yang dipanggang seperti daging, kue, kentang, dan berbagai jenis panggangan lain yang sesuai anda inginkan.

3. Bisa menggoreng tanpa minyak

Menggoreng adalah fitur selanjutnya yang dapat digunakan dengan microwave. Anda dapat menggoreng berbagai jenis makanan seperti kerupuk dan telur dadar. Cukup menggunakan suhu tertinggi, tidak menggunakan air dan jangan terlalu lama, Anda akan dapat menikmati kerupuk dan telur dadar tanpa miyak di microwave.

4. Bisa menumis

Menumis adalah hal keempat yang dapat Anda lakukan dengan microwave. Makanan yang dapat ditumis dengan menggunakan alat ini adalah berbagai jenis tumisan seperti kangkung, kacang panjang dan berbagai jenis sayur lainnya. Gunakan air secukupnya dan atur waktu di microwave yang sesuai Anda inginkan.

5. Bisa memanaskan kembali makanan yang sudah dimasak

Pemanasan makanan juga dapat dilakukan di microwave. Anda dapat membuat berbagai jenis makanan menjadi lebih panas dan sesuai seperti yang diinginkan, baik itu gorengan, tumisan, dan berbagai jenis makanan yang diinginkan.

Jenis-jenis Microwave

memanaskan makanan

Dari berbagai sumber artikel, ternyata oven microwave memiliki berbagai jenis dan fungsi yang berbeda. Secara umum, ada 3 jenis microwave oven yang tersedia di pasaran. Beberapa di antaranya adalah:

1. Solo Microwave Oven

Jenis ini merupakan satu oven microwave yang memiliki cara kerja yang standar. Solo microwave oven hanya mampu menghasilkan gelombang mikro untuk memanaskan makanan seperti membuat susu menjadi panas, menghangatkan sup, merebus mi instan, membuat popcorn dan lainnya. Kelebihan dari microwave ini adalah harganya lebih murah dibandingkan dengan kedua jenis lainnya.

2. Grill Microwave Oven

Microwave Oven jenis ini memiliki gelombang mikro dan koil panas yang digunakan untuk memanggang, memanaskan, dan menghangatkan makanan. Salah satu jenis makanan yang dapat dipanggang adalah daging ayam, daging sapi dan berbagai jenis daging lainnya. Harga yang dibanderol untuk jenis oven ini biasanya lebih mahal dibanding dengan model solo.

 3. Convection Microwave Oven

Jenis oven microwave ini memiliki kipas yang digunakan untuk menekan tekanan udara panas ke seluruh ruangan microwave dan untuk memasak makanan yang bekerja dari luar ke dalam sehingga kematangan makanan menjadi lebih merata. Hasilnya, membuat masakan Anda menjadi coklat dan sangat cocok untuk membuat berbagai jenis kue seperti kue kering atau biskuit. Namun yang menjadi kekurangan dalam jenis microwave ini adalah harganya yang lebih mahal dibanding dengan kedua jenis microwave yang telah disebutkan.

Kelebihan Dan Kelemahan Microwave

Ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kelemahan microwave. Beberapa di antaranya adalah:

Kelebihan:

  • Microwave dapat memasak makanan dengan cepat. Ini dikarenakan alat ini memiliki gelombang mikro yang sangat membantu di dalam proses pematangan makanan.
  • Makanan yang dimasak dengan menggunakan microwave lebih sehat. Kita tidak perlu minyak goreng dan tentunya makanan yang dimasak dari microwave memiliki kalori yang rendah. Ini dikarenakan kandungan lemak yang ada di dalam makanan banyak yang hilang saat berada di dalam proses pemasakan.
  • Hemat listrik. Ini dikarenakan microwave menghasilkan proses pemanasan dalam waktu yang singkat.

Kelemahan:

  • Wadah yang digunakan di dalam microwave tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan yang membuat gelombang mikro di dalamnya menjadi tidak maksimal, salah satunya adalah wadah yang menggunakan bahan dasar logam, plastik dan melanin. Bila Anda menggunakan bahan dasar logam, maka gelombang yang dihasilkan oleh microwave tidak dapat menembusnya. Bila Anda menggunakan berbahan dasar plastik dan melanin, akan sangat berbahaya karena akan menghasilkan zat kimia jika bergabung dengan gelombang mikro.
  • Tidak bisa membuat makanan menjadi renyah. Ini dikarenakan gelombang mikro yang ada di dalam microwave memanaskan makanan dimulai dari dalam baru keluar dari bahan makanan. Inilah mengapa sangat tidak direkomendasikan untuk membuat makanan menjadi lebih renyah.

Microwave adalah alat yang membantu anda untuk memasak apapun yang diinginkan. Sebelum membeli microwave, pastikan memiliki daya listrik yang besar di kediaman Anda. Di samping itu, belilah microwave yang asli melalui website, email, atau toko online terpercaya agar Anda mendapatkan barang yang asli dan berkualitas sesuai yang diharapkan.

Sumber Daya Tambahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *