10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2020

Laptop gaming terlihat menonjol dan berbeda dari laptop biasa pada umumnya karena komponen yang kuat, desain berwarna-warni dengan garis yang lebih agresif, dan fitur premium. Jika Anda gemar menjelajahi dunia virtual dan menikmati permainan yang menyenangkan dengan gambar berkualitas tinggi, Anda perlu memilih laptop game ini.

Bergantung pada anggaran, gaya hidup, dan game yang ingin Anda mainkan, Anda bisa memilih laptop gaming dengan harga dari yang relatif murah hingga yang mahal untuk pengalaman gaming dan performa laptop yang cukup mumpuni. Lalu, apa laptop gaming terbaik yang bisa Anda pilih? Simak 10 rekomendasi berikut.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik – 10 Pilihan Top

1. Asus ROG Zephyrus M15 GU502LU (Pilihan Editor)

asus rog zephyrus m15 gu502lu

Asus ROG Zephyrus M15 adalah laptop gaming 15,6 inci yang menarik dengan harga yang wajar. Laptop gaming ini memiliki desain yang apik, kinerja kelas atas untuk berbagai game, dan fitur tambahan yang berguna. Desainnya ramping dan minimalis, namun tetap dibekali performa gaming yang tinggi dan fitur pendukung terkini.

Eksteriornya terbuat dari plastik, tetapi dengan sentuhan premium yang jauh dari kesan murahan. Bahan ini membantu menjaga bobot notebook tetap rendah (1,9 kg) untuk ukuran laptop gaming premium, dan mengesankan mengingat ukuran layarnya yang lumayan besar.

Fitur

Ditenagai prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 (10750H), kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1660Ti, dan media penyimpanan SSD 512GB NVMe PCIe 3 x4 dengan transfer rate yang cukup tinggi, laptop gaming ringan ini menawarkan performa yang lebih baik dibanding pendahulunya. Laptop gaming ini memiliki desain apik dengan refresh rate cukup tinggi di kelasnya (240 Hz).

Layarnya sendiri menampilkan resolusi full HD 1920×1080 piksel, teknologi panel IPS-Level LCD, dan waktu respons 3ms, semuanya ideal untuk game berkinerja tinggi. Kombinasi ini menguntungkan pengguna yang menikmati game multi pemain yang kompetitif dan secara keseluruhan memiliki kualitas gambar yang kuat seperti smart tv. Keyboard produk ini memiliki cahaya latar yang seragam, hanya sebagai satu zona, tetapi Anda dapat mengubah warna dan efeknya.

Dari segi konektivitas, Asus ROG Zephyrus M15 seri ini mengusung formasi lengkap dengan menambahkan LAN, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, port USB 3.2 Gen1 dan Gen2, port USB type-C (mendukung Thunderbolt 3, Power Delivery, dan DisplayPort), card reader, port HDMI, juga port combo audio. Fitur utama lainnya adalah software Asus Armoury Crate yang memungkinkan pemantauan dan penyesuaian fitur, didukung Profil Skenario.

Fungsinya untuk menentukan preferensi yang secara otomatis mengatur kinerja dan setelan lain ketika bermain game atau menjalankan aplikasi tertentu. Salah satu laptop gaming terbaik ini juga sudah dilengkapi OS Windows 10 Home x64 pre-installed, sehingga Anda tak perlu melakukan instalasi dan membeli lisensi lagi.

Pro:

  • desain ramping dan ringan
  • performa gaming sangat baik
  • cukup kuat dalam game multipemain yang kompetitif
  • pemilihan port yang solid
  • layar cukup akurat

Kontra:

  • belum termasuk webcam
  • lampu latar keyboard hanya satu zona
  • masa pakai baterai agak kurang

2. Asus ROG G752VY (Pilihan Eksklusif)

Asus ROG G752VY

Asus ROG G752VY adalah laptop gaming yang besar tetapi sangat bertenaga. Beratnya lebih dari 4,5 kg, dengan dimensi 42x32x5 cm. Harga laptop gaming ini cukup tinggi, namun sepadan dengan performa gaming terbaik yang ditawarkan. Laptop ini memiliki desain apik dan banyak fitur untuk bermain game yang paling menuntut sekalipun.

Laptop spek tinggi dengan ukuran layar 17,3 inci ini tersedia dalam berbagai konfigurasi kelas atas. Fitur seperti layar G-Sync serta pendingin dengan Vapor Chamber semakin meningkatkan kehebatan laptop ini sehingga menjadikannya laptop gaming terbaik di kelasnya.

Fitur

Asus ROG G752VY memiliki prosesor Intel Core i7 6700HQ dan GPU NVIDIA GeForce GTX 980M. Duo bertenaga ini dilengkapi dengan RAM 16 GB dan sistem penyimpanan ganda. Ada drive NVMe 512 GB SSD yang lebih cepat, yang secara default disetel ke primer, dan ada drive sekunder 1 TB untuk opsi penyimpanan tambahan.

Laptop besar ini memungkinkan banyak port tercakup: di sisi kiri, dua port USB 3.0, slot kartu SD, dan drive DVD. Di sisi kanan ada ethernet jack, port HDMI, mini displayport, dua port USB 3.0, satu port USB 3.1 Type-C, dengan dukungan Thunderbolt. Laptop ini juga memiliki kombo headphone/mic jack, dan mic jack khusus, Asus juga menyertakan port S/PDIF yang berfungsi sebagai jack headset.

Sayangnya, refresh rate laptop ini hanya 75Hz karena keterbatasan perangkat keras. Baterai juga menjadi kelemahan laptop ini, justru karena spesifikasi yang kuat. Baterai 8 sel 88Whrs akan habis dalam waktu sekitar dua jam penggunaan normal. Ini alasan lain mengapa laptop ini bukan untuk mereka yang mencari perangkat game portabel.

Pro:

  • performa terbaik di kelasnya
  • layar G-Sync
  • sistem pendinginan sangat baik
  • desain cantik
  • sistem port cukup lengkap

Kontra:

  • besar dan berat
  • lampu latar keyboard hanya merah
  • masa pakai baterai cukup singkat

3. Lenovo Legion Y540-15IRH (Pilihan Ekonomis)

Lenovo Legion Y540-15IRH

Lenovo Legion sering disebut-sebut sebagai laptop gaming dengan grafis NVidia GeForce RTX, namun brand ini juga menjual varian GTX yang lebih cocok untuk budget gamer. Beralih ke GeForce GTX dapat menurunkan harga laptop gaming ini menjadi lebih terjangkau.

Laptop tipe ini tidak memiliki akses perawatan RAM atau SSD seperti laptop lain, tetapi tetap mudah diperbaiki atau dirawat. Lenovo mengamankan penutup bawah casing-nya dengan beberapa sekrup sehingga mudah untuk mengakses sebagian besar komponen internal.

Fitur

Layar laptop gaming ini beroperasi pada 1920×1080 piksel dengan refresh rate 144 Hz, yang tetap menjadi standar untuk laptop gaming kelas menengah. Dengan sudut pandang yang stabil berkat panel IPS-nya, tidak ada warna yang terdistorsi atau penurunan kecerahan, membuat tampilannya dapat dibaca dari hampir semua sudut.

Saat ini Lenovo menjual beberapa varian Y540-15IRH yang dapat Anda beli, dengan dua CPU dan tiga GPU untuk dipilih. Model dasarnya hadir dengan prosesor Intel Core i5-9300H dan GeForce GTX 1650, dan Anda dapat meng-upgrade ke GeForce GTX 1660 Ti dengan tetap mempertahankan CPU yang sama. Yang terakhir ini juga dapat dipasangkan dengan prosesor Intel Core i7-9750H.

Anda juga dapat memilih penyimpanan hingga 3 TB dengan SSD 1 TB dan HDD 2 TB. Model dasarnya hadir dengan RAM 8 GB DDR4. Baterainya dapat mempertahankan potensinya dalam waktu lama berkat sistem pendinginan yang memadai. Laptop ini tetap menjadi laptop gaming yang kuat dan dapat menjalankan semua game AAA modern pada 1080p meskipun tidak memiliki grafis NVidia GeForce RTX.

Pro:

  • opsi maintenance yang layak
  • performa gaming yang bagus pada 1080p
  • tidak berisik menurut standar laptop gaming
  • speaker sangat bagus
  • sistem pendinginan cukup baik

Kontra:

  • Lenovo menonaktifkan Intel UHD Graphics GPU secara default
  • tidak ada SD card reader
  • tidak ada Thunderbolt 3

4. Asus TUF Gaming FX505GT – I565B6T

Asus TUF Gaming FX505GT-I565B6T

Saat ini, Asus TUF Gaming FX505GT-I565B6T menjadi salah satu laptop gaming berlayar 144Hz dengan harga termurah di Indonesia. Laptop ini mengusung desain yang sama dengan seri sebelumnya dengan cover bergaya futuristik dan dibuat dengan material yang kokoh. Performa laptop gaming ini cukup memadai di entry level berkat dukungan prosesor Intel Core i5-9300H generasi Coffee Lake yang didukung grafis Nvidia GeForce GTX 1650.

Fitur

Laptop gaming murah ini mendapatkan sertifikasi ketahanan MIL-STD 810G (berstandar militer) yang membuktikan bahwa laptop ini telah lolos dari berbagai uji ekstrem: uji jatuh, uji getaran, uji suhu, uji kelembapan, dan uji radiasi sinar matahari.

Laptop gaming ini dibekali dengan layar 15,6 inci berteknologi IPS Level LCD LED backlight dengan resolusi 1920×1080 piksel. Tak hanya itu, Teknologi Asus Splendid dan Asus Tru2Life Video juga membuat layarnya lebih cemerlang dan meningkatkan pengalaman dalam bermain game. Laptop gaming Asus ini didukung memori RAM DDR4 8GB -2666MHz yang bisa di-upgrade ke RAM 32GB.

Kartu grafis NVidia GeForce GTX 1650 yang mendukung laptop ini dipadukan dengan memori V-RAM 4 GB GDDR5 dengan kecepatan 8 gbps dan antarmuka memori 128-bit. Laptop ini juga dilengkapi keyboard dengan Aura RGB backlight dan teknologi overstroke yang membuat tombolnya tahan hingga 20 juta kali tekan.

Pro:

  • ADC system yang mampu membersihkan mesin dari debu dan kotoran
  • laptop dengan harga termurah untuk layar 144Hz
  • performa memadai untuk bermain game terkini
  • fitur pendukung gaming lengkap
  • durabilitas tombol keyboard tinggi

Kontra:

  • tidak ada port USB type-C
  • kipas agak berisik ketika laptop sudah panas
  • masih menggunakan HDD yang memengaruhi kecepatan laptop

5. Asus ROG Strix G G512LI – I565B6T

Asus ROG Strix G G512LI - I565B6T

Asus ROG Strix ini memiliki desain yang ringkas tetapi menawarkan pengalaman gaming yang memadai dan multitasking dengan Windows 10 Home. Prosesor Intel Core i5 generasi ke-10 dan GPU NVidia GeForce GTX 1650Ti mendukung daya FPS tinggi dengan tampilan yang cepat.

Refresh rate 144Hz membuat aksi cepat tampak mulus, sementara waktu respons 3ms dapat meminimalkan blur pada gerakan. Laptop gaming ini juga memiliki layar dengan resolusi Full HD yang memberi Anda tampilan visual yang jernih, tajam, dan mulus untuk semua game yang Anda mainkan.

Fitur

Laptop ini dilengkapi dengan teknologi pendingin ROG Intelligent Cooling yang meningkatkan performa CPU dan membuat ventilasi berfungsi dengan baik sehingga menurunkan tingkat kebisingan. Dua kipas N-Blade dengan 83 bilah mampu mempercepat aliran udara dan menghilangkan panas. Fitur RangeBoost menyediakan sinyal WiFi yang kuat untuk bermain game dan streaming menjadi lebih lancar.

Untuk konektivitas, transfer cepat dilakukan dengan USB 3.2 Gen 2 type-C dengan DisplayPort 1.4, atau sambungkan layar ROG G-SYNC untuk permainan yang mulus. Tiga port USB 3.2 Gen 1 tipe-A siap untuk game favorit Anda, dan HDMI 2.0b memungkinkan Anda untuk menikmati konten pada layar 4K atau TV hingga 60Hz.

Pro:

  • mampu menjalankan game dengan konfigurasi grafis terbaik
  • desain laptop hasil kolaborasi Asus dengan BMW Designworks Group
  • sistem pendingin cukup baik
  • fitur Aura Sync untuk meningkatkan kustomisasi
  • durabilitas keyboard kuat

Kontra:

  • masa pakai baterai di bawah rata-rata laptop gaming budget (6 jam 29 menit)
  • tidak ada webcam
  • speaker dan layar kurang baik

6. Dell Inspiron 3579

Dell Inspiron 3579

Rekomendasi laptop gaming terbaik selanjutnya datang dari pabrikan Dell. Laptop seri 3579 ini adalah solusi game dengan harga paling terjangkau. Dengan berbagai konfigurasi yang tersedia, Anda dapat memilih entry level yang benar-benar terjangkau atau laptop gaming kelas menengah yang solid.

Namun, ada kompromi yang dilakukan untuk menjaga harga tetap rendah. Ini terutama dilakukan dengan memilih plastik sebagai material laptop. Secara keseluruhan, termasuk interiornya, laptop ini terbuat dari polikarbonat, namun dibuat dengan baik dan terlihat kokoh. Lapisan glossy dipilih agar bagian luar laptop tidak terlalu banyak menangkap bekas jari dan noda.

Fitur

Laptop ini dibekali prosesor Intel Core i7 8750H Generasi ke-8 (Coffe Lake) dan rangkaian GPU NVidia GeForce seri 10. Laptop ini sudah menggunakan teknologi terbaru dengan Wi-Fi AC dan BT 5.0. Layarnya memiliki kontras yang memadai, resolusi Full HD dengan teknologi IPS, dan sudut pandang yang nyaman. Kelebihannya adalah layar tidak menggunakan PWM untuk mengontrol kecerahan, namun reproduksi warnanya agak kurang.

Laptop ini hadir dengan kapasitas storage terbesar (2TB) dan telah menggunakan Intel Optane. Fungsinya menjadi semacam cache bagi data di HDD. Dengan begitu, tingkat responsif HDD+Optane dengan SSD sama-sama baik. RAM bawaan juga cukup besar dan bisa di-upgrade ke RAM 32 GB. Dengan semua fitur yang ada, harga laptop ini sangat kompetitif

Pro:

  • opsi penggunaan Intel Optane Memory yang jarang ada pada laptop gaming budget
  • keyboard dengan backlit warna biru dan spill-resistant
  • dilengkapi Fingerprint (Windows Hello compliant) yang ada di tombol power
  • Waves MaxxAudio Pro adalah teknologi audio berkelas yang memenangkan Grammy award
  • ketebalan kurang dari 1 inci, sangat bagus untuk laptop gaming

Kontra:

  • layar Full-HD kurang cerah
  • frame rate sulit mencapai 60 fps pada game kelas atas
  • bobotnya agak berat untuk ukuran kelasnya

7. MSI GL65 9SC-028ID

MSI GL65 9SC-028ID

MSI GL65 adalah laptop gaming terbaik yang berorientasi pada nilai dan membuktikan bahwa Anda tidak membutuhkan lampu latar keyboard untuk menikmati waktu bermain game. Processor Intel Core i7 dalam laptop ini memenuhi syarat sebagai chip yang layak untuk notebook pengganti desktop.

Fitur

Laptop 15,6 inci ini dibekali GPU Nvidia GeForce GTX 1650 4 GB, prosesor Intel Core i7 9750H generasi ke-9 Coffee Lake hexa-core berkecepatan 2,6 GHz dengan TurboBoost maksimal 4,5 GHz, ditandemkan dengan memori RAM 8GB jenis DDR4 yang dapat di-upgrade ke RAM 32GB DDR4, disertai solid-state drive 512 GB yang sangat lapang.

Seluruh paket dilengkapi dengan layar Full HD 1.920×1.080 piksel yang cerah, menjadikan laptop ini contoh terbaik dari notebook gaming level pemula dengan harga terjangkau. Tidak hanya resolusi 1080p yang tepat untuk bermain game dengan NVidia GeForce GTX 1650, laptop ini juga menghidupkan game dengan gambarnya yang cerah dan berwarna-warni, sudut pandang yang lebar, dan permukaan anti-silau. Singkatnya, performa tinggi adalah keunggulan utama laptop gaming ini.

Pro:

  • hardware melebihi harga yang harus dibayarkan
  • layar Full-HD cerah
  • bodi kokoh, tidak semuanya berbahan plastik
  • keyboard yang nyaman
  • bezel layarnya setipis yang dimungkinkan

Kontra:

  • ada beberapa kelambanan saat bermain game dan melakukan tugas lain pada saat bersamaan
  • beberapa port terlalu dekat dengan pengguna
  • suara speaker terlalu tajam

8. Lenovo Legion Y7000SE-10ID/4VID

lenovo legion y7000se-10Id4vid

Laptop Y7000 ini adalah versi lebih murah dari saudaranya, Lenovo Legion Y740, yang dibandrol dengan harga yang lebih tinggi, sudah dibekali GPU NVidia GeForce RTX, dan menawarkan fitur serta performa paling tinggi di kelasnya. Seri Y7000 ini dibekali layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD dan refresh rate hingga 144 Hz,

Hanya ada satu konfigurasi untuk Lenovo Legion Y7000. Laptop ini dibekali prosesor Intel Core i7 9750H berkecepatan 2.2-GHz, GPU Nvidia GeForce GTX 1060 dengan V-RAM 6GB, RAM 16GB, SSD 256 GB, dan HDD 1TB 7,200-rpm. Laptop ini memiliki spesifikasi cukup baik untuk perangkat gaming berkelas menengah.

Fitur

Suhu yang terlalu panas menjadi masalah umum bagi notebook gaming. Karena itu, seri Y7000 ini dilengkapi dengan Legion Coldfront dual fan thermal layout. Fitur ini membuat perangkat tetap dingin, terutama ketika Anda sedang memainkan game dengan grafis tinggi.

Untuk mendukung portabilitas yang cukup tinggi, laptop ini dirancang dengan bobot 2,3 kg. Keyboard-nya dilengkapi dengan backlit merah dan waktu respons kurang dari 1 milidetik. Untuk spesifikasi audionya, laptop ini mengusung speaker Harman Kardon yang dapat mendukung Dolby Atmos.

Pro:

  • spesifikasi yang tangguh
  • performa terbaik untuk bermain berbagai game kelas atas
  • desain ramping dan ringkas
  • keyboard nyaman dan anti-ghosting
  • masa pakai baterai cukup baik

Kontra:

  • ukuran hard disk default agak kecil
  • speaker tidak maksimal (suara tajam dan bass kurang)
  • tidak ada pencahayaan RGB

9. Asus ROG Strix GL531GT

Asus ROG Strix GL531GT

Desain ROG Strix G531GT ini terlihat elegan, strukturnya unik, dan memiliki kelebihan tersendiri. Untuk desain ini, Asus berkolaborasi dengan BMW Designworks Group yang mengusung sistem pendinginan canggih, 3D Flow Zone. Perangkat ini memiliki bagian asimetris berpendingin dan tidak terbatas di bagian belakang laptop saja, membuat sirkulasi udara memiliki ruang yang lebih lega.

Desain unik itu memaksimalkan fitur ROG Intelligent Colling, modul termal yang mampu menyingkirkan debu secara otomatis, juga dua kipas N-Blade yang menangani sirkulasi udara demi menjaga kestabilan sistem.

Fitur

Salah satu laptop gaming terbaik ini dibekali prosesor Intel Core i7 9750H berkecepatan 2,6 GHz dengan teknologi Intel Turbo Boost dan cache 12 MB. Prosesor Intel Core ini adalah generasi ke-9 yang handal dalam performa sekaligus hemat daya. Kemampuannya cukup superior untuk memenuhi kebutuhan gaming, dengan dukungan grafis Nvidia GeForce GTX 1650 keluaran terbaru.

Notebook ini juga dilengkapi memori V-RAM 4GB GDDR6 versi terbaru yang mendukung kebutuhan grafis game dengan setelan tingkat tinggi. Ruang penyimpanannya memadai untuk load texture pada game-game AAA terbaru. Meski beberapa game tidak maksimal optimisasinya, kinerja laptop ini memberikan pengalaman bermain yang cukup baik. Untuk laptop gaming dengan harga relatif terjangkau, performanya cukup memuaskan.

Pro:

  • desain 3D Flow Zone yang inovatif meningkatkan sistem pendinginan
  • spesifikasi yang solid
  • performa gaming cukup mumpuni
  • teknologi grafis terkini
  • harga sepadan untuk fiturnya

Kontra:

  • dalam Mode Turbo, kipas agak berisik
  • tidak ada port USB type-C
  • cakupan warna kurang maksimal

10. Acer Swift 3 SF314-41

Acer Swift 3 SF314-41

Desain laptop ini cukup minimalis, dengan lapisan aluminium ber-finishing glossy yang menambah kesan elegan. Acer Swift 3 SF314-41 memiliki engsel yang dapat membuat layarnya dalam posisi 180 derajat. Sensor sidik jarinya dapat membantu Anda login lebih cepat tanpa kata sandi, juga menjamin keamanan data di dalamnya. Fitur unggulan lain adalah Power-Off Charging yang membantu Anda mengisi daya perangkat lain.

Fitur

Laptop ini memiliki layar 14 inci dengan panel IPS, resolusi Full HD, dan 1920×1080 piksel. Layar ini cukup memadai dalam menampilkan konten dengan gambar yang tajam. Namun, terutama ketika digunakan di lokasi dengan cahaya terang, konten di layar akan sulit dilihat dan terlihat memantul.

Speaker laptop ini mampu mengeluarkan suara yang jernih dan bertenaga. Kemampuan grafisnya didukung oleh AMD Radeon Vega 8 Mobile Graphics. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 4 GB DDR4 yang dapat di-upgrade ke RAM 20 GB, storage 512 GB PCIe NVMe SSD, juga prosesor AMD Ryzen 5 3500U quad-core berkecepatan 2,1GHz Turbo.

Pro:

  • sasis logam yang stylish dan ramping
  • daya tahan baterai yang baik
  • keyboard dengan lampu latar
  • kipas tidak berisik
  • suhu permukaan sedang

Kontra:

  • kecerahan maksimum lemah
  • RAM internal hanya 4 GB
  • kurang ideal untuk game AAA

Apa Spek Laptop Gaming Terbaik?

permainan perang

Nah, dengan rekomendasi laptop gaming di atas, apakah Anda masih ragu? Jika Anda masih bertanya-tanya tentang spesifikasi laptop gaming yang seharusnya Anda cari, ikuti tips dan saran di bawah ini.

Dapatkan laptop dengan minimum prosesor Intel Core i7 6700HQ, GPU Nvidia GeForce GTX 1060, dan port HDMI 1.3 jika Anda ingin menikmati game virtual reality. Chip Intel Core i7 adalah CPU kelas atas di barisan Intel Core “i”. Pada umumnya, CPU Intel Core i7 harganya lebih mahal daripada versi AMD, tetapi seringkali lebih cepat untuk game. Ketika Anda mencari prosesor Intel Core i7, usahakan untuk mencari chip quad-core, bukan dual-core. Perhatikan bagian akhir nomor modelnya. CPU Intel Core i7 tipe quad-core memiliki akhiran HK, bukan HQ. Chip HK adalah yang tercepat.

Dapatkan GPU Nvidia GeForce seri 10 yang lebih cepat, lebih bertenaga, dan mendukung VR. Nvidia GeForce GTX 1080 adalah kartu yang harus dicari untuk mendukung game kelas atas dengan pengaturan efek khusus dan resolusi yang ditingkatkan sepenuhnya. Dan tentunya, Nvidia GeForce 1080 dapat dengan mudah mendukung semua petualangan virtual reality Anda.

Jangan pilih laptop dengan resolusi layar kurang dari 1920×1080 piksel. Jangan pula memilih layar sentuh karena harganya lebih mahal dan boros baterai. Pilihlah keyboard yang nyaman dipakai. Fitur anti-ghosting sangat membantu. Selain itu, laptop 17 atau 18 inci biasanya lebih bertenaga tetapi paling tidak portabel, sementara laptop 13, 14, dan 15 inci lebih mudah dibawa, tetapi sering kekurangan komponen kelas atas.

anak kecil senang

Kartu grafis atau GPU adalah kunci dari laptop gaming Anda. Perangkat ini mengirimkan gambar pada tampilan dengan memproses data dan mengirimkan sinyal ke layar. Mengingat betapa sulitnya proses ini saat menjalankan game, Anda memerlukan GPU terpisah dengan memori khusus, yang disebut V-RAM (memori video).

Untuk laptop gaming, lebih cepat selalu lebih baik, Karena itu, untuk penyimpanan, banyak gamer lebih menyukai SSD (solid state drive), yang lebih cepat dalam hal transfer file dibandingkan HDD. Jadi, berinvestasilah untuk SSD demi penginstalan game dan waktu pemuatan yang lebih cepat.

Jadi, Apa Laptop Gaming Terbaik Pilihan Anda?

Apakah Anda sudah bisa menentukan laptop gaming terbaik pilihan Anda? Semua notebook gaming yang kami ulas di sini adalah pilihan yang baik sesuai kebutuhan Anda, tetapi secara keseluruhan, kami percaya Asus ROG Zephyrus M15 GU502LU adalah pilihan terbaik saat ini, terutama untuk penggunaan sehari-hari dan kemudahan untuk dibawa ke mana-mana.

Laptop ini dirancang dengan desain yang ramping dan apik, performa kelas atas untuk berbagai game, dan didukung fitur gaming terkini. Singkatnya, laptop ini cukup bagus dan sepadan dengan harganya. Masa pakai baterainya pun memadai dan keyboard-nya cukup nyaman digunakan.

Sumber Daya Tambahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BestSpy Indonesia

Arthaloka Building, 16th Floor Kav.2

Jl. Jend. Sudirman, RT.10/RW.11

Karet Tengsin, Tanah abang

Kota Jakarta Pusat Jakarta 10220

Indonesia