10 Review Top

Mouse Gaming Terbaik 2021

Pilihan Eksklusif

Logitech G502 Hero

5/5
Logitech G502 Hero

Pilihan Editor

Logitech G402 Hyperion Fury

4.8/5
Logitech G402 Hyperion Fury

Pilihan Ekonomis

Logitech G102 Prodigy

4.8/5
Logitech G102 Prodigy

Untuk bermain game di laptop atau PC, Anda memang tidak mutlak membutuhkan mouse gaming. Anda bisa menggunakan mouse biasa, tidak harus memiliki tombol-tombol tambahan atau lampu LED yang berkedip. Tetapi, dengan mouse gaming yang memiliki berbagai fitur untuk mempermudah Anda dalam bermain game, Anda dapat menjadi lebih kompetitif karena mendapatkan berbagai keunggulan.

Setidaknya, dengan sensor optik dan beberapa kustomisasi yang dapat dilakukan pada mouse gaming, Anda dapat meningkatkan kenyamanan ketika sedang bermain game. Nah, dengan banyaknya pilihan yang ada di pasaran, Anda perlu sedikit meneliti tentang berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki setiap mouse.

Ingat, setiap mouse memiliki karakteristik berbeda, dan Anda perlu memilihnya berdasarkan jenis game yang Anda mainkan dan gaya bermain Anda. Berikut ini beberapa mouse gaming terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Daftar Mouse Gaming Terbaik

Review Mouse Gaming Terbaik – 10 Pilihan Top

Salah satu merk mouse gaming terbaik ini dirancang untuk game FPS. Bentuk mouse yang ergonomis dapat digenggam dengan fingertip grip, claw grip, atau palm grip. Namun, yang terakhir inilah yang terasa paling nyaman karena badan mouse termasuk cukup besar. Kinerja gaming mouse Logitech ini luar biasa, dengan polling rate tinggi untuk pengalaman bermain game yang lancar dan responsif. Tombol pada mouse gaming ini dapat diprogram, termasuk tombol sniper khusus di samping.

Logitech G402 Hyperion Fury

Fitur

Logitech membekali mouse gaming ini dengan Fusion Engine, sensor hybrid eksklusif yang ditenagai dengan prosesor ARM 32-bit dan menghasilkan tracking speed sangat cepat, melebihi 500 IPS. Mouse gaming ini juga dilengkapi dengan sensor optik terbaru yang disebut Logitech Delta Zero untuk permainan super cepat.   

Dengan mendownload Logitech Gaming Software yang memudahkan pengaturan, Anda dapat memprogram polling rate, DPI, dan 8 tombol makro yang ada pada mouse gaming ini agar sesuai dengan gaya bermain Anda. Anda juga dapat mengatur mode dan tingkat kecerahan lampu LED.

Mouse yang dijual dengan harga yang masih terjangkau ini memungkinkan 4 pengaturan DPI agar Anda dapat mengontrol permainan dengan lebih baik. Dengan DPI yang mudah disesuaikan, Anda memiliki fleksibilitas tinggi untuk beraksi dalam pertempuran. Mouse ini memiliki report rate 1 milidetik, yang akan mengomunikasikan gerakan tangan Anda dengan kecepatan tinggi melalui USB.

PRO

Kontra

Rekomendasi mouse gaming selanjutnya masih dari Logitech. G502 Hero adalah mouse gaming yang kokoh, tahan lama, desainnya menarik, dan tampilannya premium. Salah satu mouse gaming termahal ini juga memiliki sensitivitas dan performa yang luar biasa. Dua fitur mouse gaming ini membuatnya populer: RGB dan software kustomisasi. Pencahayaan RGB memiliki segudang pilihan warna, kecerahan, hingga pola pencahayaan. Intensitas cahaya pun dapat dikurangi atau dimatikan.

Logitech G502 Hero

Fitur

Mouse ini memiliki 11 tombol yang dapat diprogram, dan tingkat presisi ekstra. Logitech juga menanamkan onboard memory hingga 5 profil. Daya tahan tombol kanan dan kiri cukup kuat, hingga 50 juta klik. Itu artinya, tombol tersebut bisa diklik secara terus-menerus selama dua tahun.

Mouse ini cukup berat dan besar. Tetapi, bobot itu dapat dikurangi sesuai keinginan, dengan melepaskan 5 pemberat yang berada di bawah ibu jari. Untuk Anda yang menyukai tombol DPI terpisah, mouse ini terasa nyaman karena memiliki dua tombol di sisi kiri atas. Tetapi, tombol ini mungkin justru mengganggu bagi orang lain ketika salah mengeklik.

Yang membuat mouse gaming ini unik dan inovatif adalah mouse yang dirancang khusus untuk game menembak. Dua dari total tombol dirancang untuk tujuan ini. Polling rate 1.000 Hz dan waktu respons 1 ms didukung dengan sensor 100-16.000 DPI, membuat mouse ini cukup baik dalam merespons gerakan tangan.

PRO

KONTRA

Salah satu mouse gaming murah besutan Logitech ini dibanderol dengan harga terjangkau. Meski dengan harga yang relatif terjangkau, Anda akan menemukan beberapa fitur unggulan seperti pada mouse yang lebih mahal dan lebih canggih, misalnya tombol yang dapat diprogram, rentang DPI yang tinggi dan dapat disesuaikan, dan sebagainya. Bobot minimal 85 gram membuat mouse ini cocok untuk bermain game FPS. Dimensinya lebih nyaman untuk fingertip grip atau claw grip.

Logitech G102 Prodigy

Fitur

Kualitas bahan yang bagus membuat mouse ini ringan, tetapi tahan lama. Scroll wheel-nya kokoh dan dapat merespons dengan sangat baik. Report rate pada mouse gaming ini 1 ms atau 1000 Hz. Itu berarti tidak ada jeda waktu antara saat Anda menekan tombol mouse dan saat perintah itu ditampilkan di layar.

Sensor optik mouse sangat efektif, dan dengan DPI 200-6.000, menjadikan produk ini mouse gaming beresolusi tinggi. Enam tombolnya dapat diprogram sepenuhnya, tidak terlalu banyak dan tidak penuh sesak. Mouse gaming ini juga memiliki pencahayaan RGB yang bagus.

Mouse ini juga hadir dengan memori onboard, seperti mouse gaming lain produksi Logitech. Anda bisa memprogram tombol agar beberapa fungsi keyboard dapat diakses di tombol mouse. Anda juga dapat menyimpan beberapa profil game dengan Software Logitech yang mudah digunakan, bahkan bagi pemula. Dengan begitu, saat Anda bermain di komputer lain, Anda tidak perlu menginstal software Logitech lagi.

PRO

KONTRA

Mouse gaming ini adalah salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Mouse gaming murah versi Razer ini memiliki sensor 6400 DPI, kurang dari DeathAdder standar, tetapi tetap ergonomis dan desainnya klasik, seperti mouse DeathAdder lainnya. Mouse ini memang tidak sebagus versi yang lebih mahal, seperti seri Razer Dragon, tetapi jika Anda ingin membeli mouse dengan harga terjangkau, pilihan ini sangat bagus, terutama karena reputasinya yang tinggi.

Razer DeathAdder Essential

Fitur

Gaming mouse ini dipersenjatai dengan Razer Synapse 3 (Beta), perangkat keras yang berbasis cloud secara online dan memungkinkan Anda mengatur DPI dan polling rate dengan tepat, juga menyimpan file secara otomatis.

Mouse ini hanya memiliki satu warna backlighting: cahaya putih pada mouse putih, dan cahaya hijau pada mouse hitam. Dengan tracking speed hingga 220 IPS, gaming mouse ini selalu merespons secara akurat berkat sensor optiknya, baik ketika Anda bermain dengan kecepatan rendah maupun tinggi.

Lima tombolnya dapat diprogram secara independen. Gaming mouse ini dapat bertahan hingga 10 juta klik untuk masa pakai yang lebih lama, dilengkapi pegangan samping anti-selip yang memperkuat kontrol pada mouse selama gerakan cepat.

PRO

KONTRA

Dengan harga yang masih ramah di kantong, mouse ini termasuk jajaran mouse gaming murah produksi Logitech. Berat gaming mouse ini 85 gram, tidak terlalu ringan, dan tidak mengalami banyak hambatan ketika digerakkan. Gaming mouse ini dilengkapi dengan sensor berakurasi tinggi dan DPI hingga 8000 untuk menghadirkan tracking speed dan konsistensi tinggi. Scroll wheel-nya memiliki cukup resistensi sehingga nyaman digunakan saat Anda beralih senjata dalam sebagian besar game.

Logitech G102 Lightsync

Fitur

Mouse gaming murah ini dibekali Logitech dengan sensor Mercury yang memberi kontrol sensitivitas 200-8000 DPI. Gerakan dan klik pada mouse ini terasa lebih instan karena polling rate-nya cukup tinggi. Enam tombol pada mouse ini sudah lolos uji klik dengan mempertimbangkan kondisi saat bermain game.

Menurut Logitech, teknologi Lightsync akan membuat Anda memasuki aksi dengan efek pencahayaan otomatis yang mengikuti game. Lightsync akan menghasilkan cahaya yang cocok dengan situasi dalam game, misalnya ketika terjadi ledakan, saat mendekati musuh, atau ada dunia baru yang dikunjungi.

Untuk memaksimalkan performa, mouse ini dapat diprogram dengan software Logitech G HUB. Pengguna dapat mengatur personalisasi perintah untuk setiap tombol. Uji sensor dan klik pada mouse ini mencapai 1000 laporan per detik, menghasilkan respons di layar yang instan, 8 kali lebih cepat dibandingkan mouse standar.

PRO

KONTRA

Mouse gaming ini lebih nyaman digunakan dengan claw grip. Dengan 11 tombol yang dapat diprogram, mouse ini tidak minimalis, tetapi juga tidak berlebihan. Proteus Core memiliki tombol kiri, tombol kanan, scroll wheel yang dapat diklik dalam tiga arah, tombol sensitivitas DPI di bagian atas, tiga tombol ibu jari, dan satu tombol di bawah scroll wheel untuk menyesuaikan gesekan scroll wheel. Desain scroll wheel yang bergerigi terasa nyaman dan efektif.

Logitech G502 Proteus Core

Fitur

Logitech G502 Proteus Core adalah mouse gaming yang solid dan memiliki beberapa keunggulan, misalnya DPI hingga 12.000, pemetaan permukaan, dan lima pemberat 3,6 gram yang dapat dilepas untuk menyesuaikan bobotnya. Dengan software Logitech, Anda memiliki dua opsi untuk memprogram tombol makro.

Pertama, Anda bisa mengaturnya per game. Beberapa perintah umum pada tombol makro disediakan untuk beberapa game. Proses penyiapan software ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah aplikasi dijalankan, profil makro tersebut akan mulai aktif.

Kedua, Anda bisa melakukan pengaturan khusus pada tiga profil on-board. Pengaturan khusus ini mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, tetapi menjadi opsi yang lebih praktis jika Anda bermaksud memainkan tiga game yang sama setiap hari.

PRO

KONTRA

Mouse ini adalah mouse gaming nirkabel terbaik dalam jajaran G Series Logitech. Mouse ini menawarkan fitur yang kebanyakan dicari para gamer, sangat nyaman dan kokoh. Anda dapat memprogram ulang setiap tombolnya melalui perangkat lunak G Hub. Gaming mouse ini juga kompatibel dengan Windows dan MacOS. Desainnya ideal untuk semua ukuran tangan bertipe palm grip, tetapi juga cocok untuk tangan yang lebih besar dengan tipe fingertip grip atau claw grip.

Logitech G603 Lightspeed

Fitur

Mouse gaming ini dapat digunakan untuk game FPS, namun agak berat. Jadi, agak sulit untuk bergerak dalam aksi cepat. Tetapi, mouse ini memiliki polling rate yang tinggi, latensi klik yang rendah, rentang CPI yang luas, namun error-nya rendah. Sebaliknya, mouse gaming ini sangat bagus untuk game MMO, dan Anda dapat memprogram tombol-tombolnya, tetapi hanya memiliki dua tombol samping.

Meski agak berat, mouse gaming ini tidak membuat lelah pada penggunaan yang lama. Selain itu, tombol samping ditempatkan dengan baik sehingga mengurangi kemungkinan Anda menekannya secara tidak sengaja. Tombol ini juga tidak sulit dijangkau, dan mudah dibedakan.

Jika Anda memilih mouse yang praktis untuk dibawa bepergian, salah satu mouse gaming wireless murah ini adalah pilihan yang tepat. Selain wireless, mouse ini memiliki kompartemen untuk menyimpan USB receiver. Bodinya kokoh, jadi Anda tidak perlu khawatir akan merusakkannya ketika hendak menyimpannya di tas.

PRO

KONTRA

Wireless gaming mouse ini cocok untuk Anda yang ingin mengatur personalisasi sendiri karena mouse ini memiliki spesifikasi tinggi. Bobot hingga tombol-tombolnya dapat Anda sesuaikan menurut keinginan. Teknologi sensor terbaru, yaitu TrueMove3+ Dual Sensor System, membuat Anda dapat mengontrol mouse ini sepenuhnya! Gaming mouse ini nyaman digunakan dan bekerja dengan baik pada semua jenis genggaman, terutama claw grip, tetapi terlalu besar untuk tangan yang kecil.

Steelseries Rival 650

Fitur

Dengan fitur fast-charging, Anda hanya perlu waktu 15 menit untuk mengisi daya, dan kemudian dapat menggunakannya selama 10 jam! DPI-nya dapat disesuaikan, dengan rentang antara 100-12.000.

Selain itu, salah satu mouse gaming terbaik ini memiliki IPS 350, polling rate 1000/s, 7 buah tombol, dan on board memory. Mouse ini memiliki sensor luar biasa dengan rentang CPI yang luas, error minimal, lift-off distance yang rendah, juga latensi klik yang rendah.

SteelSeries Rival 650 cocok untuk game FPS. Dengan bobot 121 gram, gaming mouse ini memang agak berat, namun dapat disesuaikan dengan melepas panel samping agar lebih ringan. Mouse ini juga bagus untuk game MMO karena memiliki banyak input yang dapat diprogram, meski terbatas pada tiga tombol samping.

PRO

KONTRA

SteelSeries Rival 710 adalah gaming mouse yang secara keseluruhan bagus dan dibekali fitur layar OLED yang dapat diatur di bagian depan. Mouse terbaik ini cukup berat dan cocok untuk gamer yang lebih suka menggunakan palm grip. Tidak seperti mouse lain yang permukaannya keras, bahan lembut yang menutupi hampir seluruh mouse ini membuatnya nyaman digunakan meskipun Anda bermain dengan intens untuk waktu yang lama. Produk ini dibanderol dengan harga cukup tinggi, namun sepadan dengan banyaknya fitur dan kinerja yang luar biasa.

Steelseries Rival 710

Fitur

Dengan mudah, Anda dapat mengatur RGB lighting atau memprogram kinerjanya dalam software Engine 3 yang kompatibel dengan Windows maupun MacOS.

Mouse ini cocok untuk MMO meskipun tidak memiliki tombol samping sebanyak mouse khusus MMO seperti rangkaian produk Razer Dragon. Untuk memainkan game FPS pun, mouse ini lumayan bagus karena latensi kliknya cukup rendah dan terasa sangat responsif.

Anda juga dapat dengan mudah menukar sensornya dengan cara melepaskannya, dan ini merupakan fitur yang unik. Mouse ini mungkin bukan yang paling ringan untuk gerakan cepat, tetapi jika Anda tidak keberatan dengan mouse yang lebih berat, Anda tidak punya masalah apa pun.

PRO

KONTRA

Setiap aspek desain Steelseries Rival 310 memenuhi tuntutan kenyamanan bagi para gamer. Khususnya bagi tipe genggaman claw grip atau palm grip, bentuknya memberi kenyamanan yang optimal untuk sesi permainan yang intens atau lama. Pergerakan mouse yang konsisten memudahkan Anda dalam membidik target di semua game yang Anda mainkan. Konstruksi mouse kokoh meski plastiknya terasa ringan. Di bagian samping terdapat pelapis dinding silikon yang terasa kuat dan menyediakan pegangan yang baik untuk mengangkat mouse.

Steelseries Rival 310

Fitur

Anda dapat menyimpan semua pengaturan kinerja dan pencahayaan langsung ke mouse. Procesor ARM 32-bit memungkinkan penyimpanan pengaturan CPI, tombol, dan efek pencahayaan secara on-board untuk penggunaan bebas software. Namun, Anda juga dapat menginstal perangkat lunak SteelSeries di Windows atau MacOS.

Gaming mouse ini memiliki hingga 12.000 CPI, akurasi dengan kecepatan lebih dari 350 inci per detik dan akselerasi hingga 50G, dengan polling rate 1 ms. Anda dapat bermain baku tembak secara intens tanpa mengalami hambatan atau ketidakakuratan.

SteelSeries Rival 310 adalah mouse FPS yang cukup bagus, dan koneksi kabelnya memastikan latensi klik yang rendah. Meski CPI maksimumnya tidak setinggi mouse lain, namun masih cukup sensitif bagi kebanyakan gamer, dan dapat disesuaikan dengan penambahan 100. Mouse ini juga cocok untuk game MMO meski tombol sampingnya tidak sebanyak mouse khusus MMO, seperti rangkaian Razer Dragon.

PRO

KONTRA

Cara Memilih Mouse Gaming Terbaik

Ada beberapa hal yang dapat Anda jadikan dasar pertimbangan dalam memilih mouse gaming terbaik yang paling cocok untuk Anda. Berikut ini beberapa di antaranya.

Tipe Genggaman Anda

Cara Anda menggenggam mouse dapat dijadikan patokan untuk menentukan ukuran gaming mouse yang akan Anda pilih. Meski gaya genggaman setiap gamer berbeda, setidaknya ada tiga tipe umum yang digunakan.

Jika Anda memegang mouse dengan ujung-ujung jari saja, tipe genggaman Anda adalah fingertip grip. Mouse gaming terbaik untuk Anda adalah yang ringan, pendek, tanpa area telapak tangan yang besar. Mouse seperti ini membuat manuver dengan fingertip grip menjadi lebih mudah.

Jika Anda memegang gaming mouse dengan seluruh telapak tangan bertumpu pada badan mouse sementara jari-jari berbaring rata di atas tombol, genggaman Anda bertipe palm grip. Carilah mouse yang cocok dengan ukuran telapak tangan Anda dan lebih lebar.

Tipe terakhir adalah claw grip, perpaduan dari kedua tipe sebelumnya. Claw grip menumpukan telapak tangan pada tepi belakang mouse sementara ujung-ujung jari mengarah ke tombol. Mouse gaming yang agak sempit dengan tombol utama memanjang dan ramping akan lebih stabil untuk Anda.

Jenis Game yang Anda Mainkan

Berdasarkan jenis game, mouse gaming terbagi menjadi dua, yaitu untuk MMO (Massively Multiplayer Online) dan FPS (First Person Shooter).

Game MMO

Game-game MMO memiliki elemen desain yang sama, yaitu serangkaian skill yang dimiliki para tokohnya dan perlu diaktifkan pada saat yang tepat. Agar pemain tetap kompetitif, pengaktifan skill ini harus dilakukan dengan cepat. Karena itu, mouse untuk game MMO dilengkapi tombol-tombol makro (side button) yang mempermudah Anda menunjukkan berbagai action skill.

pria bermain game

Pemakaian mouse pun akan menjadi lebih praktis karena Anda dapat menginput skill itu. Memang, Anda perlu waktu untuk beradaptasi dengan jumlah tombol yang banyak. Tetapi setelah Anda terbiasa, permainan akan lebih mudah. Salah satu contoh jenis mouse ini adalah seri Razer Dragon yang memiliki 12 tombol di sisi ibu jari.

Game FPS

Game FPS membutuhkan mouse yang sensitivitasnya tinggi dan mudah diklik (mouse shooter) karena Anda perlu membidik target secepat dan seakurat mungkin. Mouse shooter relatif sederhana, memungkinkan gamer untuk beradaptasi dengan cepat dalam semua jenis game aksi, hanya dengan mengandalkan tiga jari.

Pada mouse shooter, Anda perlu mempertimbangkan 3 hal. Hal pertama adalah polling rate (jumlah informasi per detik yang dikirim dari mouse ke PC). Semakin tinggi polling rate, semakin cepat informasi sampai ke PC saat Anda menekan tombol mouse.

pria melihat layar komputernya

Hal kedua adalah IPS (tracking speed), yaitu kecepatan mouse dalam merespons gerakan tangan Anda. IPS yang tinggi memungkinkan gerakan kursor yang lebih lancar. Untuk bermain game FPS, Anda membutuhkan polling rate dan IPS yang tinggi. Respons yang cepat dibutuhkan karena Anda mungkin perlu segera menembak, atau cepat-cepat bersembunyi.

Hal ketiga adalah DPI (jumlah titik yang dicapai saat mouse bergerak satu inci). DPI yang tinggi memungkinkan pergerakan kursor yang lebih cepat sehingga Anda dapat menjalankan karakter dengan cepat pula.

Namun, DPI yang lebih rendah juga diperlukan agar Anda dapat membidik dengan lebih tepat. Beberapa model mouse shooter yang lebih mahal memiliki tombol “sniper” yang jika ditekan dapat menurunkan DPI untuk menghasilkan bidikan super sensitif.

Kustomisasi Mouse

Beberapa mouse gaming yang lebih canggih memungkinkan Anda mengatur tombol mouse. Dengan mouse seperti ini, Anda dapat memainkan berbagai jenis game karena Anda dapat mengubah-ubah DPI sesuai akurasi yang Anda butuhkan.

Anda juga dapat mengatur polling rate agar lebih fungsional untuk jenis game yang Anda mainkan. Polling rate yang tinggi memang menghasilkan respons yang cepat. Tetapi, gerakan tangan yang terlalu banyak dapat menyebabkan kursor bergerak sendiri. Karena itu, fitur kustomisasi polling rate akan sangat berguna.

Selain itu, karena bobot mouse juga menjadi pertimbangan agar Anda bisa bermain dengan nyaman, beberapa produk mouse gaming juga memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian pada bobotnya.

Harga Mouse Gaming

Mouse gaming yang lebih mahal biasanya memiliki lebih banyak fitur daripada mouse gaming murah. Tetapi, dengan harga lebih mahal, bukan berarti Anda akan selalu mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik daripada mouse gaming dengan harga terjangkau. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum Anda mengeluarkan uang untuk membeli mouse dengan desain baru.

Kesimpulan

Semua mouse gaming yang kami rekomendasikan di atas adalah mouse gaming yang bagus. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing, dan dapat menjadi teman terbaik untuk keseruan Anda bermain game. Tetapi, berdasar pengamatan kami, Logitech G402 Hyperion Fury adalah mouse gaming terbaik yang mungkin cocok dengan kebutuhan Anda.

Pertama, mouse gaming ini adalah produk Logitech, salah satu merk mouse terbaik yang sudah memiliki reputasi di kalangan gamer. Kedua, mouse gaming ini memiliki performa di atas mouse populer lainnya yang tersedia di pasar. Ketiga, Anda dapat memprogram polling rate, DPI, dan 8 tombol makro, juga mengatur mode dan tingkat kecerahan lampu LED sesuai keinginan Anda. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memasukkan mouse gaming ini ke dalam daftar pertimbangan Anda. Apakah Anda setuju dengan pendapat kami? Atau Anda punya pilihan lain?

BestSpy Indonesia

Arthaloka Building, 16th Floor Kav.2

Jl. Jend. Sudirman, RT.10/RW.11

Karet Tengsin, Tanah abang

Kota Jakarta Pusat Jakarta 10220

Indonesia